11 September 2008

To Be

Good Morning, guys!

Sorry for being late to make this new posting! No reason for that. He...he.... Hm....pagi ini, saya ingin menyambung pembelajaran kita yang pertama dulu. Teman-teman masih ingatkan?? I, you, he, she, it, we, you, they. Oh iya...itu semua disebut sebagai subyek ya...

Ingat nggak ketika belajar Bahasa Indonesia dulu ada Subyek, Predikat, Obyek, dan Keterangan. Nah...yang kita pelajari itu disebut sebagai subyek. Supaya subyek itu "lebih hidup" ketika dipergunakan dalam kalimat yang mengandung kata sifat or keterangan, maka
I, you, he, she, it, we, you, they itu perlu teman-teman pendampingnya. Sama dengan kita kan...kita perlu teman biar hidup ini menjadi "lebih hidup" or menyenangkan. Gitchu lho....

Hm...untuk teman pendampingnya ini disebut
To BE.....!!! Jadi masing-masing si subyek itu ditemani oleh to be. Yuk, kita lihat apa aja to be dari si subyek itu.

I
am
You
are

He
is
She
is
It
is

We
are
You
are
They
are

Saya punya banyak sahabat, satu sahabat terbaik saya bernama Emma Manurung. Dari namanya tergambar dengan jelas dong kalau dia perempuan.
Dia tinggal di Malaysia. Orangnya baik deh.... Hm...November nanti kami bakalan ketemu. Pasti seru deh ketemu lagi dengannya.

Dari cerita saya itu, teman-teman sudah bisa lho buat kalimat dalam Bahasa Inggris dengan menerapkan pembelajaran kita hari ini:

She is a woman.
She is in Malaysia.
She is kind.

Gampang toh menerapkannya! Trus...kalo misalnya kita buat
She am a woman....Benar nggak ya??? Jelas nggak benar dong...kan seperti di atas dijelaskan bahwa masing-masing punya teman pendamping setia, tidak bisa ke lain hati ya. Jadi yang benar adalah She is a woman.

Kata orang Ambon: Inga....Inga......
TO BE

Bye....

06 September 2008

Subject

Hi guys!

Saya ingat masa kecil dulu, saat saya berada di Padang. Kota yang bersih dan indah (dulu sih...nggak tahu kalo sekarang). Sekitar 30 menit jalan kaki dari rumah bisa menemukan pantai. Orang bilang pantai Padang. Setiap sore, sepanjang mata melihat di pinggiran pantai banyak yang berjualan. Satu jenis makanan yang terkenal dan yang sangat saya sukai adalah SATE (tentunya akhirannya pake kata Padang dong). Hm.....rasanya tak ada yang mengalahkan nikmatnya makan sate padang...Ke kota manapun selalu saya mencari sate padang...tapi rasanya tidak ada yang seenak di pinggiran pantai Padang....Wah..rasanya kepengen terbang kesana deh.

Ingatan akan kota Padang juga membuat saya ingat ketika orang tua saya sangat berkeinginan anaknya maju dalam Bahasa Inggris. Akhirnya saya diajak menemui bapak yang cakep. He..he...kecil-kecil sudah tahu cowok cakep atau tidak. Bapak yang baik hati dan cakep itu bernama Pak Karim. Saya panggil pak cakep aja deh. Wah...dia sangat mahir berbahasa Inggris. Kemudian pak cakep mengajak kami masuk ke ruang kelasnya. Dengan wajah polos dan lugu, saya masuk ke dalam ruang kelas.

Saya ingat benar pak cakep mengajari:

I= Saya

You = Kamu

He = Dia (laki-laki)

She = Dia (perempuan)

It = Benda


We = Kami

You = Kalian

They = Mereka

Wah...susunannya aja saya sampe ingat banget. Persis seperti itu, ndak pernah terbalik. Berapa kali pertemuan temanya hanya: I, you, he, she, it, we, you, they.....sampai bosan deh ditanyain: I itu apa? You itu apa? He itu apa? She itu apa? It itu apa? We itu apa? You itu apa? They itu apa?.

Kemudian pak cakep akan menunjuk orang di sebelah saya (laki-laki). Hayoo...dia itu disebut apa??? Teman-teman tahu tidak? He!!!!!!. Dengan suara keras kami akan menjawabnya.

Gitu deh guys....
Nah.....guys, untuk kali ini saya juga ingin berbagi itu aja....Tapi dihapalin ya....Kapan waktu kita lanjutkan lagi.

Bye guys......



05 September 2008

Let's start

English is difficult!!! Saya teringat saat masih SMP dulu (tidak seperti sekarang, anak SD sudah belajar Bahasa Inggris)....banyak teman-teman yang tidak menikmati belajar Bahasa Inggris. Matematika merupakan pelajaran yang ditakuti oleh teman-teman, termasuk saya dan Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran kedua yang menyebalkan. Untungnya gurunya tidak se'killer' guru matematika.

Yup... Bahasa Inggris menjadi hal yang menyebalkan. Ada present tenses, past tenses, future.....duh...tenses...tenses..dan tenses.........Bingung deh....Itu masih tenses, belum yang lain lagi...Capek deh....

Apakah ada di antara teman-teman yang mengalami hal ini? Jika english is difficult for you or english is boring for you....Yuk....kita sama-sama belajar di blog ini. Pepatah orang dulu, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit....

Saya ingin berbagi pengalaman aja ma teman-teman yang belum ngerti english banget....makanya judul blog di atas: English for Beginners... Yuk...kita mulai belajar english sehingga english itu tidak menyebalkan dan membosankan....

Let's start, guys.....

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio