26 Juni 2009

Keuntungan Belajar Bisnis

Wah...yang berkelebatan di kepala beberapa hari ini hanya bisnis sampingan, yaitu bisnis pulsa HP. He..he...Baru belajar bisnis sampingan kecil-kecilan. Walau modal kecil tapi sangat menarik untuk berbisnis.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari bisnis, bahkan bisnis kecil-kecilan seperti yang saya lakukan saat ini. Baru berjalan beberapa saat, tapi banyak yang saya pelajari di sini dan saya mau sharingkan apa yang sudah saya dapat dari keterlibatan berbisnis, beberapa diantaranya adalah:

1. Menghilangkan sifat boros. Bagi yang cukup boros boleh deh belajar bisnis kecil-kecilan. Kita belajar untuk menghargai setiap pendapatan rupiah demi rupiah. Dengan pengalaman mendapat keuntungan rupiah yang kecil, kita menjadi berpikir ulang untuk mengeluarkan uang untuk benda-benda yang tidak perlu. Contoh kecil saja! Sebagai ibu rumah tangga, wajib dong berbelanja kebutuhan sehari-hari. Nah...kebetulan saya belanja di pasar, membeli lauk pauk dan sayuran. Biasanya saya menggampangkan mengeluarkan uang seribu dua ribu..tapi sekarang saya jadi mikir...apakah perlu beli tempe dan tahu sebanyak ini? Rasa-rasanya kalo beli satu cukup deh...(menu hari ini adalah tempe dan tahu). Kalo beli satu lagi dan ternyata bersisa (biasanya selalu bersisa, hi..hi...) berarti dah berapa kali transaksi pulsa HP ya??? Ha..ha...menarik bukan pembelajarannya??

2. Otak dipergunakan. Katanya sih...kita perlu terus menerus menggunakan otak, jika tidak maka memori otak kita semakin lemah dan terbiasa malas berpikir (Semoga tidak ada diantara pembaca blog ini). Nah, dengan ikutan bisnis kecil ini, kita membangun kebiasaan untuk menggunakan otak kita. Contoh nih...bagaimana cara memasarkan pulsa ini ya? Siapa lagi teman yang saya tawari bisnis pulsa ini ya? Kalau iklan lewat internet, gimana caranya ya? (he..he..kalo yang satu ini bagian swami mengerjakannya). Gimana presentasi yang baik untuk membuat teman kita tertarik menjadi member ya? By the way...saya percaya banget akan bisnis kecil ini sekalipun keuntunganya tidak langsung besar, jadi saya sangat yakin dalam menawarkan bisnis ini ke teman-teman, tetapi tetap berpikir bagaimana menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Nah..itu kan dah membuat otak kita jalan nih..

3. Menghargai Waktu. Yup...pasti kita akan belajar menghargai waktu. Contohnya nih...kebetulan aku dan swami belum dikaruniai anak, jadi kami lebih banyak dong punya waktu dibanding pasangan lain. Nah..biasanya Sabtu-Minggu nih kami sering ke mall. Hasilnya??? Waktu terbuang, badan penat, dan paling parah kantong kering....Ha..ha...Nah, sekarang kami lebih kreatif...Sabtu-Minggu digunakan untuk mikirin bisnis ini. Tukar pikiran dengan suami. Wah...kan bagus tuh...Tapi jangan kwatir, kami masih tetap koq sekali-kali jalan ke mall...tentunya sambil produktif dong...mikir...bisnis apa lagi yang bisa diambil yah....Asyik kan?? Jalan berdua dengan swami, trus...uang swami nggak habis begitu aja..kita malah diskusi gimana supaya bisa bisnis kayak yang di mall itu. Ha..ha..dijamin makin disayang suami deh...

Wah...masih banyak yang lain deh...tapi aku fokus ke pekerjaan kantor dulu deh..Waktu menulis blog sudah cukup...Skarang fokus ke kerjaan kantor dong...Jangan lupa klik di sini ya untuk melihat bisnisku. Siapa tahu kamu tertarik dan menjadi teman bisnisku. Hi..hi...

Met belajar bisnis ya...!!!

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio