09 Juli 2009

Semangat Bisnis Masa Kecil

Lelah rasanya sore ini!! Dari pagi sampai makan siang tadi konsentrasi banget ma kerjaan. Trus, makan siang kebanyakan. Ha..ha..., jadinya lelah dan ngantuk. Intermezo sebentar dengan mengirimkan satu email kepada sahabat terbaik menginformasikan mengenai rencana bisnis yang akan kami bangun bersama. Senang sekali kami bisa memulai bisnis bersama.

Mengikuti perjalanan bisnis pulsa hampir tiga minggu ini, sedikit muncul penyesalan mengapa dari awal tidak mau terlibat dalam dunia bisnis kecil-kecilan. Hm..sebenarnya ketika masih kecil dulu, aku pernah bisnis kecil. Bersama dengan mamak yang sangat senang bisnis (tapi sayang terhambat karena statusnya), aku jualan es buah. Setiap malam, aku dan mamak mengupas buah-buahan, memotongnya, memasaknya, memasukkan dalam plastik panjang yang kecil, dan akhirnya memasukkan ke dalam kulkas. Keesokan harinya mengantarkannya ke satu kios di pinggir jalan masuk ke rumah. Aku masih ingat betapa senangnnya melakukan itu dan ketika menerima uang hasil penjualan es. Bisa kurasakan kebanggaannya sampai sekarang. Akan tetapi sayang sekali, karena status mamak yang istri pendeta, tidak memungkinkan lagi melakukan bisnis kecil itu. Jemaat protes dengan bisnis kecil kami itu. Tidak layak!! Itulah yang tertanam akhirnya dalam diri bahwa bisnis itu tidak baik. Bibit itu akhirnya mati sebelum berkembang.

Teringat akan hal itu, aku bandingkan dengan bisnis kami saat ini. Perasaan senang saat melakukan transaksi penjualan HP. Rasanya sama dengan perasaan ketika kecil dulu. Aneh...rasanya kepuasan mendapatkan keuntungan berbeda dengan menerima gajian bulanan. Koq lebih senang dengan keuntungan yang diperoleh daripada gaji bulanan ya? Masih jauh kali gaji bulanan yang kuterima dibandingkan dengan keuntungan yang kuperoleh, tapi kesenangan dan kebanggaannya jauh berbeda pula. Jauh lebih senang menerima hasil penjualan transaksi pulsa.

Minggu ini kami akan merambah pada bisnis kedua. Modal yang dibutuhkan sudah jauh lebih besar dibanding bisnis pertama, tentu lebih besar resiko yang dihadapi. Kwatir?? Tidak perlu dibiarkan mencekam diri, karena percaya bahwa bisnis akan membentuk kita, mengajar kita banyak hal. Hal itu sudah terbukti dari tiga minggu ikutan bisnis pulsa ini. Semangat bisnis masa kecil tidak akan terhapuskan dengan kekwatiran akan resiko yang dihadapi.

04 Juli 2009

Pengalaman Seminggu Bisnis Pulsa

Sekitar seminggu sudah terlibat dalam bisnis pulsa HP. Senang rasanya!! Dalam seminggu sudah dapat keuntungan yang sedikit demi sedikit menjadi bukit, sementara hanya duduk dan tetap mengerjakan pekerjaan harian di kantor. Sambil bekerja, ada aja teman yang minta isi pulsa. Ha.ha...malah kuanggap refreshing ketika jari jemariku mengetikkan angka-angka di HPku, dan tring....satu transaksi sudah terjadi dan pundi-pundi pun bertambah. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit...

Benar...sungguh menyenangkan bisnis pulsa ini. Kukatakan menyenangkan karena aku mengerjakannya tanpa harus terganggu kerjaan kantor dan pundi-pundi tetap bertambah. Di samping itu, aku dan swami makin bijak dalam menggunakan waktu bersama. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kebiasaan kami Sabtu-Minggu dari Mall ke Mall or toko buku. Kalo toko buku sih bagus banget.....tapi kalo ke mall??? Badan capek...uang melayang...(untuk isi perut neh..) dan gigit jari (habis nggak bisa beli barang yang dilihat). Ha..ha...Lha iyalah..kalo Sabtu Minggu ke mall...masak terus beli barang.....nggak kuat bok...

Satu tantangan bagi kami dalam bisnis ini untuk mengembangkannya dalam bentuk yang lebih menyenangkan, yaitu menawarkan kepada banyak orang untuk ikut bisnis ini. Dengan semakin banyak orang yang ikut bisnis ini di bawahku, maka setiap transaksi yang mereka lakukan akan mendatangkan pundi-pundi juga bagiku, walau kecil tapi pasti menjadi bukit. So...otak kami sedang berpikir, bagaimana menawarkan bisnis ini ke banyak orang.

Kami yakin dengan bisnis ini tidak merugikan orang sedikitpun, makanya "nggak tahu malu" nawarin bisnis ini ke orang lain. Ha..ha..Gimana nggak yakin....wong..uang kita nggak ada diambil sama sekali.Kita hanya perlu daftar Gratis dan kemudian bayar deposit sejumlah yang kita mau. Dengan bayar deposit, kita bisa melakukan transaksi pulsa. Mengenai orang lain yang menjadi anggota kita, dia tidak dirugikan sama sekali, setiap transaksi yang dilakukan member kita maka otomatis 50 rupiah menjadi bagian kita tanpa mengurangi keuntungan member kita. Member kita menjual pulsa sesuai dengan jumlah yang diinginkannya, jadi 50 rupiah yang kita dapat tidak memotong keuntungan member kita itu. Kita dapat komisi dari pulsagram yang menjadi wadah bisnis ini.

Saat ini, memberku masih satu orang...Senang rasanya punya member. Baru sehari dia melakukan deposit, dan sudah melakukan beberapa kali transaksi. Pundi-pundikupun bertambah. Dikit.....sih....tapi aku yakin ketika punya banyak member maka si sedikit itu pasti menjadi si banyak. Ha..ha...Ketika si member kita punya member di bawahnya, maka dia juga memperoleh komisi dari setiap transaksi yang dilakukan membernya, dan tentu saja kita pun dapat juga...Jadi sampai 10 member di bawah kita. Pulsagram membatasi sampai 10 di bawah supaya fair dong....Ntar kalau keterusan, keenakan di kita dan rugi di pulsagramnya. Ha..ha...Jadi masih rasional hitung-hitungan komisinya sehingga kami percaya pada bisnis ini.

So...rekan-rekan yang baca blog ini, siapa aja..coba deh ikutan bisnis pulsa ini. Menarik deh...

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio