22 September 2010

Angkringan: Sop Ceker Ayam

Tulisan lanjut dari A Perfect Day: Berlibur sebelum Libur Panjang adalah Angkringan: Sop Ceker Ayam. Ini menjadi tema tulisan yang menarik buatku. Angkringan dan Sop Ceker Ayam. Dua tema yang dijadikan satu judul. Hm...

Sebenarnya ketika kuliah di Yogyakarta dulu, aku tidak terlalu sering makan di angkringan. Sepanjanga ingatanku hanya beberapa kali saja dan itu juga karena ajakan dari teman. Tidak terlalu sering makan di luar karena masakan rumah menu favorit, bersih, sehat, dan murah meriah. He..he..

Tapi angkringan identik dengan gambaran Kota Yogyakarta, setidaknya bagi diriku yang merindukan suasana Yogyakarta, kampung halaman kedua. Ketika mendengar kata angkringan maka yang muncul adalah gambaran nasi kucing, teh hangat atau es jeruk, dan remang-remang. Ha..ha...remang-remang membuat menjadi romantis. Sayang ketika pacaran dulu, aku nggak pernah diajak ke angkringan sama mantan pacarku. Sepertinya perlu melangkahkan kaki kembali ke Yogyakarta bersama mantan pacar untuk menikmati makan nasi kucing di angkringan. Masak setelah di Jakarta baru diajak, eh...kuajak dengan "paksa" untuk makan di angkringan.

Angkringa Bilast (terdiam beberapa saat, terhanyut dengan FB-an) kutahu pertama sekali dari bos cantik di kantor. Penasaran dengan kehebohan yang disampaikan oleh bos. Semakin penasaran karena letaknya hanya "sejengkal" dengan rumah, jln. pancoran. Masak bos yang rumahnya di Tanjung Barat bisa tahu angkringan ini. Ditambah dengan informasi dari teman kerja yang juga heboh menceritakan. Nonton bola dunia bareng di sana. Bertambah rasa penasaran.

Akhirnya menuju ke sana juga pada hari Sabtu, menjelang libur panjang Lebaran. Tempat terakhir yang disinggahi seharian berlibur. Benar-benar menjadi a perfect day setelah tiba di angkringan. Lesehan dan remang-remang, mengingatkanku akan Yogyakarta tercinta. Sekalipun di pinggir jalan raya Pancoran, yang penuh dengan lalu lalang kendaraan, suasana itu tetap menyenangkan.

Menunya serba dua ribuan. Dari semua pilihan yang ada, aku paling suka nasi kucing ikan teri dan nyam..nyam....sop ceker ayam dengan sambalnya yang ajuibilah pedasnya. Mantap kali...Siapa mau?? Sop ceker ayam dengan sambel pedasnya. Datanglah ke Angkringan Bilast, dijamin tidak nyesal.

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio