18 Mei 2011

Psikologi Anjing: Dog Whisperer-Anjing juga posesif lho...

Sebel rasanya ketika suami asyik dengan tontonannya, sementara aku lagi melakukan tahapan dalam bisnis onlineku, yaitu blog walking. Huh....nonton apaan sih? Penasaran, aku ikutan nonton dong. Eh...ternyata memang asyik banget, Dog Whisperer di National Geographic. Saat aku ikutan nonton, Cessar Millan sedang melatih anjing yang posesif banget ma pemiliknya. Sebenarnya anjing itu dibeli untuk anaknya tetapi karena sikap dan cara si ibu yang salah sehingga anjing itu menjadi merasa terganggu jika anjing itu sedang bersama si ibu dan ada orang lain, bahkan jika ada anak dari ibu tersebut.  Wah...si anjing posesif juga ya..tidak hanya manusia tetapi anjing juga posesif. He..he..


Ternyata setelah diikuti lebih lanjut, penyebab dari anjing itu posesif pada ibu itu adalah karena ibu itu tidak menerapkan disiplin pada anjingnya. Masak ketika anaknya "digigit" oleh anjingnya, dia lebih memilih "membela"anjingnya. Alasannya karena anak anjingnya kecil dan kelihatannya rapuh. Hm...aneh tetapi nyata ya...

Saran dari Ceasar adalah ketika ada orang lain mendekatinya dan anjingnya "protes" dengan cara mengigit, dia harus mendisplinkan anjingnya dengan menyetuh leher anjingnya dan mendorongnya sebagai bentuk tidak menyetujui tindakan anjingnya. Di sini, perlu pendekatan "kepemimpinan yang tenang dan tegas". 

Guk..guk..guk...anjing yang patuh dan dapat didisiplinkan menjadi hewan peliharaan yang sangat menyenangkan, at least terlihat dari wajah-wajah pemilik anjingnya. Mau mencoba untuk pelihara anjing? Aku ingin tetapi belum bisa. Guk..guk..guk...(seekor anjing di luar sana sedang menanti untuk dipelihara).

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio