09 April 2013

Kebaktian Pra Paskah. Palus Wei !!

Palus Wei!! Yang artinya selamat datang!! Palus Wei adalah bahasa dari salah satu suku di Kalimantan. Kalimantan mana? Hm...ada yang tahu kah? 
Aku mejeng di depan gereja. Lha..koq...ada nuansa budaya Kalimantan? Iyah..momentnya saat menjelang Paskah. Setiap tahun, menjelang Paskah, GKI Gejayan selalu melakukan kebaktian dengan berlatar belakang berbagai suku bangsa dan budaya.
Wah...keren banget lho...Well, kadang bingung juga dengan istilah-istilah yang muncul, tetapi kebaktian ini memunculkan pemikiran "Allah itu luar biasa yah...memberkati semua suku dan bangsa" dan....keunikan budaya itu membuatku jatuh cinta pada berbagai perbedaan budaya. Tidak jarang melihat berbagai suku bangsa dan budaya di TV, tetapi dengan melihat secara langsung ornamen-ornamen yang digunakan, tarian-tarian, bahasa, musik....wah...beda banget dengan hanya menonton di TV. Asli....aku jatuh cinta ma budaya Indonesia. 
Oh iya..kemarin ada juga budaya dari Sumatera, diwakili oleh Batak. Ada batak Toba, Pakpak, Simalungun, Mandailing. Wah...ada gondang bataknya. Hiks..jadi lepas deh rasa kangen ma budaya batak. Ada juga dari NTT lho.. Pokoknya banyak deh...
Bicara tentang jatuh cinta, bagaimana dengan dirimu? Apakah kamu sudah merasakan jatuh cinta pada berbagai perbedaan budaya bangsa kita? Yuk..beramai-ramai kita mencintai budaya bangsa kita!!!

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio