22 Maret 2014

STUPA, Harapan Menjadi Saluran Berkat

Bermimpi! Itu yang dilakukan keluarga besarku. Menerima berkat yang luarbiasa dan menjadi saluran berkat, itu visi Pdt. SP Sihombing. Bentuknya seperti apa? Berjalan pelan tapi pasti...visi itu tetap dipegang sampai memutih rambutnya dan jalan pun sudah tertatih-tatih karena dimakan usia. Tetapi semangatnya mengalahkan semua itu. Akhirnya di akhir tahun 2013, saat semua anak, menantu dan cucu bisa kumpul semua, tercetus impian itu dan diwujudkan dalam sebuah nama "STUPA". Wah...apa artinya ya? 

STUPA adalah sebuah lembaga non-profit yang dikelola dengan prinsip transparansi dan professional dengan tujuan untuk mendorong upaya dan inisiatif untuk mengembalikan relasi yang bermartabat antara alam dan manusia melalui penguatan pertanian yang berkelanjutan (Sustainable Agriculture), energi terbarukan (Renewable Energy), tata kelola sumberdaya alam (Resource Management) dan sistem ekonomi yang adil (Fair Trade). Strategi/pendekatan yang ditempuh adalah melalui penguatan kelembagan, kesadaran kritis warga atas wilayahnya, advokasi, community organizing dan gerakan prosumen (relasi produsen-konsumen).

Sumbangan pemikiran, tenaga, dan perhatian masih terus diupayakan untuk kereta STUPA agar terus berjalan, walau perlahan, tapi semangat yang mempeloporinya tidak pernah berhenti:)

Sementara itu dulu dah mengenai STUPA......:)

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio