02 Juni 2014

Antara Diriku dan Tuhanku

Ada "puisi" yang bagus banget. Ini karya dari Bunda Theresa. Aku ambil dari PIC BB salah satu temanku. Yuk...coba kita simak isinya:

Apapun yang engkau bangun
selama bertahun-tahun bisa jadi
akan dihancurkan orang lain hanya
dalam satu malam:
tapi bagaimanpun bangunlah dan teruslah berkarya

Kebaikan yang engaku lakukan hari ini
mungkin saja besok sudah dilupakan orang:
tapi bagaimanapun teruslah berbuat baik

Bagaimanapun, berikan yang terbaik
dari dirimu sebaik-baiknya yang dapat
engkau lakukan

Pada akhirnya, engkau akan tahu
bahwa ini adalah urusan antara
engkau dan Tuhanmu,
Bukan urusan antara engkau dan mereka

Aku pernah mendengar sepenggal dari puisi ini dari salah seorang pendeta di GDI Jakarta. Pak Pendeta itu mengatakan bahwa 10 kali engkau melakukan kebaikan dan 9 kali kebaikanmu disalahgunakan, tetapi tetaplah untuk melakukan kebaikan. Wah...ini seperti menjawab salah satu pergumulanku. Aku rasanya ingat kalo aku dulu berpikiran bahwa memang tak ada gunanya kita melakukan kebaikan karena sering disalahgunakan oleh orang-orang tertentu.  Tapi kotbah pak pendeta ini mengingatkanku untuk tidak pernah berhenti melakukan kebaikan.

Dan ketika membaca dalam PIC salah satu temanku, aku tertegun untuk paragraf terakhir " Pada akhirnya, engkau akan tahu bahwa ini adalah urusan antara engkau dan Tuhanmu, bukan urusan antara engkau dan mereka". Yah...pada akhirnya memang semua itu adalah antara aku dan Tuhanku. Jadi kenapa mesti pusing dan migrain dengan semua "ketidakadilan dan kesusahan" yang ditimpakan oleh mereka-mereka dalam lingkar hidupmu, bahkan dalam lingkar terjauh sekalipun??? Pada akhirnya apapun yang aku lakukan adalah antara aku dan Tuhanku. Jadi, ingatlah ya Renta.....semuanya adalah antara dirimu dan TUHANmu. Jadi yuks....jalani hidup ini dengan satu pemahaman "ANTARA DIRIKU DAN TUHANKU"

Evaluasi: Promoting Inclusive Education Project

Nah, ini satu lagi anugerah Tuhan untuk tahun 2014 ini. Migunani mendapatkan satu pekerjaan evaluasi program lagi dari PLAN pada bulan Maret 2014. Promoting Inclusive Education Project namanya. Lagi-lagi narsis nih. Ini foto aku sedang fasilitasi FGD Komite Sekolah/orang tua di SDN Sukoharjo, Kab. Rembang, Provinsi Jawa Tengah. He..he..ini judul tulisan sebenarnya hanya numpang nama pekerjaan saja agar ini menjadi tercatat dalam "sejarah" perjalanan hidupku dan mencari makna perjalanan ini. Hm...kira-kira apa yang menjadi pembelajaran dalam proyek ini ya? "Mikir dulu ach..." Tapi sebelum sampai ke pada maknanya. Aku ingin kasih komen dulu sama foto narsisnya:) Aku senang menemukan foto ini dari sekian banyak foto untuk proyek ini. Senang sekali karena terlihat saat memfasilitasi aku tertawa.
Ha...ha...ha...Wah, jadi senang benaran hatiku saat ini mengingat kisah perjalanan dalam proyek ini. Apa senangnya sih? Koq jadi senyum-senyum sendirian:) Iyah...ingat sepertinya susah. Gimana nggak rasanya susah, di sini kami mengalami sulitnya medan di tengah turunya hujan deras dengan naik ojek. Hiks..sebenarnya ketika berangkat, kami ada fasilitas mobil, tetapi baru beberapa km berjalan, ban mobil bocor. Sementara waktu pertemuan di sekolah sudah mendekati waktunya, terpaksa naik ojek dan..hiks...hujan turun. Kalo naik motor berdua dengan misua sih mungkin asyik juga yah, tapi ini sama tukang ojek, nggak bisa pegangan dengan baik. Hujan...jalan tidak semulus biasanya di kota besar :) Hi..hi..Tapi itu pengalaman yang menyenangkan koq. Setelah semua selesai, ada kenangan yang menyenangkan. Aku juga bertemua dengan salah satu anggota komite yang sudah berumur...tetapi semangat empat limanya untuk ikut berkontribusi dalam komite sekolah luar...biasa. Eyang tersebut sangat aktif dalam diskusi. Dia berusaha mengajukan dirinya untuk presentasi di depan, mewakili kelompoknya. Dalam keterbatasannya, kelompok memberi kesempatan, walaupun pada akhirnya kemudian dijelaskan lagi oleh teman kelompoknya. SEMANGAT!!! Jadi ingat...dalam usia senjanya pun dia sangat semangat, bagaimana masa mudanya dulu yah? Aku menarik ke diriku sendiri. Bagaimana semangatku di masa mudaku, di masa kiniku, dan di masa tua ku nanti? Adakah kini ku ini semangat terasa oleh orang-orang di lingkar hidupku? Semoga kamu...kamu...merasakan aura semangat ke kini an ku ini:)

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio