02 Juni 2014

Antara Diriku dan Tuhanku

Ada "puisi" yang bagus banget. Ini karya dari Bunda Theresa. Aku ambil dari PIC BB salah satu temanku. Yuk...coba kita simak isinya:

Apapun yang engkau bangun
selama bertahun-tahun bisa jadi
akan dihancurkan orang lain hanya
dalam satu malam:
tapi bagaimanpun bangunlah dan teruslah berkarya

Kebaikan yang engaku lakukan hari ini
mungkin saja besok sudah dilupakan orang:
tapi bagaimanapun teruslah berbuat baik

Bagaimanapun, berikan yang terbaik
dari dirimu sebaik-baiknya yang dapat
engkau lakukan

Pada akhirnya, engkau akan tahu
bahwa ini adalah urusan antara
engkau dan Tuhanmu,
Bukan urusan antara engkau dan mereka

Aku pernah mendengar sepenggal dari puisi ini dari salah seorang pendeta di GDI Jakarta. Pak Pendeta itu mengatakan bahwa 10 kali engkau melakukan kebaikan dan 9 kali kebaikanmu disalahgunakan, tetapi tetaplah untuk melakukan kebaikan. Wah...ini seperti menjawab salah satu pergumulanku. Aku rasanya ingat kalo aku dulu berpikiran bahwa memang tak ada gunanya kita melakukan kebaikan karena sering disalahgunakan oleh orang-orang tertentu.  Tapi kotbah pak pendeta ini mengingatkanku untuk tidak pernah berhenti melakukan kebaikan.

Dan ketika membaca dalam PIC salah satu temanku, aku tertegun untuk paragraf terakhir " Pada akhirnya, engkau akan tahu bahwa ini adalah urusan antara engkau dan Tuhanmu, bukan urusan antara engkau dan mereka". Yah...pada akhirnya memang semua itu adalah antara aku dan Tuhanku. Jadi kenapa mesti pusing dan migrain dengan semua "ketidakadilan dan kesusahan" yang ditimpakan oleh mereka-mereka dalam lingkar hidupmu, bahkan dalam lingkar terjauh sekalipun??? Pada akhirnya apapun yang aku lakukan adalah antara aku dan Tuhanku. Jadi, ingatlah ya Renta.....semuanya adalah antara dirimu dan TUHANmu. Jadi yuks....jalani hidup ini dengan satu pemahaman "ANTARA DIRIKU DAN TUHANKU"

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio