08 Februari 2017

Resep Kue Bolu Panggang Sederhana

Awalnya berpikir menerapkan tahun penghematan tahun 2017, lah...dampak dari komitmen itu menjadi lebih kreatif dalam mengelola keuangan. Ternyata, jika kita menerapkan mengelola keuangan dengan bijak, maka tidak hanya berpengaruh pada bagaimana kita mengatur uang yang ada, tetapi juga dalam aspek-aspek lainnya. Misalnya nih, saat akan memasak, benar dipikir apakah masak sayur cukup segini, segini atau segini? Ha..ha...istilahnya segini itu tak terukur ya. Pengalamanku dulu, saat masak sayur ya masak aja tanpa mikir panjang mengenai jumlahnya. Kalau berlebih bisa untuk besok, masukan kulkas saja, dan ternyata...besoknya didiamkan dan besoknya juga begitu dan akhirnya dibuang:) Nah, sekarang sebelum memasak, dipikir dengan bijak untuk menunya dari segi kualitas dan kuantitasnya sehingga tidak berlebih.

Ada contoh sederhana lainnya, dalam memasak bubur kacang ijo, sebelumnya tidak berpikir apakah bubur kacang ijo akan habis dimakan hari itu atau tidak. Lagi-lagi andalannya adalah kulkas. Benar sih bisa masuk kulkas, selain kemungkinan seperti di atas terbuang lagi, maka vitaminnya dah berkurang karena dimasak berulang kali, kayak makanan padang aja ya...dimasak berulang kali:) Nah, sekarang ini, saya mikir dengan baik, apakah kacang ijo yang kumasak akan dimakan hari ini dan akan habis? Kemudian berdampak pada yang lain, apakah menu pagi hari, siang hari, malam hari dan snack sehatnya:)

Terkait dengan snack sehatnya, maka jadi terinspirasi lagi untuk membuat sendiri, tidak perlu jajan di luar kan. Bagaimanapun, tetap lebih sehat dan murah. Wah...makanya saya bilang bahwa ketika kita menerapkan komitmen hidup dengan mengelola keuangan dengan bijak, maka berdampak pada banyak aspek, salah satunya adalah memasak sendiri untuk makanan ringan. Ha...ha...

Nah, untuk menu pertama terinspirasi oleh tanteku, adiknya bapak. Dulu sekali, dia suka buat kue bolu panggang sederhana. Saking sederhananya, sempat berpikir, gampang ya membuat kue:) Padahal bagiku dari dulu membuat kue bolu itu rumit.....Tapi melihat si tante koq kayaknya mudah ya. Tapi tetap dong tidak pernah membuat kue bolu....sampai tadi malam, terjadi suatu keajaiban ruar biasa....aku teringat kue bolu panggang si tante dan terinspiraslah untuk membuat kue bolu panggang sederhana. Lah, tapi resepnya? Jangan-jangan ditanya si tante pun, dia sudah lupa karena itu 20 tahun lalu? Iyah, sudah 20-an tahun lalu:) So, tanya om google aja donk. Nah, ketemu deh resepnya. Ini dia resep yang sepertinya sederhana dan tidak rumit. Sebelum mencoba, saya tuliskan dulu resepnya biar "terekam" dalam pikiran untuk membuat bolu panggang sederhana itu:)

Bahan:
5 butir telur ayam, 100 gram tepung terigu serbaguna, 125 gram gula pasir, 1/2 sendok teh vanili bubuk, 1 sendok makan cake emulsifie (SP/TBM), 50 gram margarine (dilelehkan), 1/4 sendok teh baking powder.

Cara membuat:

  1. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifies menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang pucat dan kental.
  2. Masukan vanili bubuk, baking powder dan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk sampai adonan bercampur rata.
  3. Tuang margarine yang sudah dilelehkan, aduk lagi sampai rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 25 cm yg sudah dioles mentega dan ditaburi tepung terigu supaya tidak lengket.
  5. Panggang dalam oven selama 30 menit atau sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Keluarkan dari oven lalu bolu panggang siap disajikan.
Horee....jadi deh bolu panggang sederhananya. Kalau di carefour, bolu seperti ini seharga 20-an ribu bukan? Jadi dengan buat sendiri, kira-kira akan menghemat berapa ya? Ha..ha..nggak perlu mikir hematnya dulu, tapi bagaimana menikmati proses pembuatan kue bolu panggangnya dulu deh....

Siap???? Tarik mang.....kerja...kerja..kerja...(buat kue bolu panggang:)

0 komentar:

 
blog template by suckmylolly.com : header image by Vlad Studio